Jumat, 21 Februari 2020

SOAL URAIAN BAHASA INDONESIA

SOAL URAIAN BAHASA INDONESIA LANJUTAN DETIK-DETIK HALAMAN 65

1. Perhatikan teks percakapan berikut.
      Razi     : Zi, PR Matematika kamu sudah kamu kerjakan apa belum!
      Rusli    : Belum nih? Kamu sudah Li?    
      Razi     : Sama, aku juga belum nih. Kita kerjakan PR nya bersama – sama, mau?    
      Rusli    : Boleh, nanti malam saja ya. Kita kerjakan di rumah ku saja nanti,    
      Razi     : Iya, nanti jam tujuh malam aku akan ke rumahmu?    
      Rusli    : Aku tunggu kamu di rumah.

    Perbaikilah tanda baca pada teks percakapan diatas.

2. Perhatikan penggalan pidato berikut.
Asslamualaikum warahmatullahiwabarakatuh. 
Yang terhormat para bapak/Ibu Guru dab teman-teman yang saya banggakan. [.....]. Sudah 65 tahun lamanya kita merdeka. Dahulu kita dijajah oleh penjajah selama 350 tahun lebih. Para pejuang rela berkorban  nyawa dan harta demi kemerdekaan Indonesia. Sekarang, kemerdekaan telah kita raih. Kita dapat melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan belajar yang rajin. Ayo teman-teman, kita raih cita-cita kita setinggi-tingginya. Selamat HUT ke 65 kemerdekaan Republik Indonesia, Merdeka!
   Lengkapi bagian pidato diatas dengan benar.


3. Perhatikan teks percakapan berikut.


Andi : "Maaf, ya Nda. Aku tak dapat hadir pada perayaan Hari Sumpah Pemuda tadi malam aku menunggu ibu dirumah sakit.''
Anda : ''Lho, memangnya ibumu sakit apa?''
Andi : ''Jantungya kambuh. Kemarin sore dibawa ke rumah sakit. Aku menemani Ayah dirumah sakit.''

Ubahlah teks percakapan berikut menjadi narasi!


4. Perhatikan kalimat berikut.

 Banyak buku-buku di perpustakaan itu yang belum dibaca. 
   Perbaikilah kalimat diatas menjadi kalimat yang efektif.

5. Lengkapilan bagian isi dari penggalan pantun berikut.


Jalan-jalan ke Pulau Buru
Sungguh elok mentari pagi
.....
.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar