Kurikulum baru untuk tingkat SD/MI yang mulai diterapkan Juli 2013 mendatang menggunakan metode pembelajaran tematik integratif.
Dalam metode tematik integratif, materi ajar disampaikan dalam bentuk
tema-tema yang mengintegrasikan seluruh mata pelajaran. Kompetensi dari
berbagai mata pelajaran diintegrasikan ke dalam berbagai tema.
Pada Kurikulum Baru untuk SD/MI masing-masing kelas akan disediakan banyak tema. Umumnya tiap tingkatan kelas mempunyai delapan tema berbeda. Tema yang sudah dipilih itu harus selesai diajarkan dalam jangka waktu satu tahun. Guru diberi kewenangan untuk memilih teknis pengajaran maupun durasi pembelajaran satu tema.
Metode tematik ini mengintegrasikan sikap, keterampilan dan pengetahuan dalam proses pembelajaran. Selain itu, juga sebuah tema juga mengintegrasikan berbagai konsep dasar yang berkaitan. Siswa tidak belajar konsep dasar secara parsial, sehingga memberikan makna yang utuh kepada siswa seperti tercermin pada berbagai tema.
Tema-tema pada pembelajaran tematik integratif Kurikulum 2013 berkaitan dengan alam dan kehidupan manusia. Keduanya memberi makna yang substansial terhadap mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni-Budaya dan Prakarya, serta Penjaskes pada kelas I-III. Kompetensi dasar dari IPA dan IPS sebagai pengikat dan pengembang kompetensi dasar mata pelajaran lainnya. Siswa belum mampu berpikir abstrak untuk memahami konten mata pelajaran yang terpisah kecuali kelas IV-VI sudah mulai mampu berpikir abstrak
Inilah daftar tema dan alokasi waktu pada metode pembelajaran tematik integratif di SD Kurikulum 2013
Daftar tema dan alokasi waktu di atas didapat dari dokumen draf Kurikulum 2013. Pandangan psikologi perkembangan dan Gestalt yang mendasari untuk mengintegrasikan kompetensi dasar yang diorganisasikan dalam pembelajaran tematik. Pengotakan konten kurikulum secara terpisah ketat tidak memberikan keuntungan bagi kemampuan berpikir siswa.
Pada Kurikulum Baru untuk SD/MI masing-masing kelas akan disediakan banyak tema. Umumnya tiap tingkatan kelas mempunyai delapan tema berbeda. Tema yang sudah dipilih itu harus selesai diajarkan dalam jangka waktu satu tahun. Guru diberi kewenangan untuk memilih teknis pengajaran maupun durasi pembelajaran satu tema.
Metode tematik ini mengintegrasikan sikap, keterampilan dan pengetahuan dalam proses pembelajaran. Selain itu, juga sebuah tema juga mengintegrasikan berbagai konsep dasar yang berkaitan. Siswa tidak belajar konsep dasar secara parsial, sehingga memberikan makna yang utuh kepada siswa seperti tercermin pada berbagai tema.
Tema-tema pada pembelajaran tematik integratif Kurikulum 2013 berkaitan dengan alam dan kehidupan manusia. Keduanya memberi makna yang substansial terhadap mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni-Budaya dan Prakarya, serta Penjaskes pada kelas I-III. Kompetensi dasar dari IPA dan IPS sebagai pengikat dan pengembang kompetensi dasar mata pelajaran lainnya. Siswa belum mampu berpikir abstrak untuk memahami konten mata pelajaran yang terpisah kecuali kelas IV-VI sudah mulai mampu berpikir abstrak
Inilah daftar tema dan alokasi waktu pada metode pembelajaran tematik integratif di SD Kurikulum 2013
KELAS I | |
TEMA | WAKTU |
1. Diri Sendiri | 4 Minggu |
2. Kegemaranku | 4 Minggu |
3. Kegiatanku | 4 Minggu |
4. Keluargaku | 4 Minggu |
5. Pengalamanku | 4 Minggu |
6. Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri | 4 Minggu |
7. Benda, Binatang, dan Tanaman di sekitarku | 4 Minggu |
8. Peristiwa Alam | 4 Minggu |
KELAS II | |
TEMA | WAKTU |
1. Hidup Rukun | 4 Minggu |
2. Bermain di Lingkunganku | 4 Minggu |
3. Tugasku Sehari-hari | 4 Minggu |
4. Aku dan Sekolahku | 4 Minggu |
5. Hidup Bersih dan Sehat | 4 Minggu |
6. Air, Bumi, dan Matahari | 4 Minggu |
7. Merawat Hewan dan Tumbuhan | 4 Minggu |
8. Keselamatan di Rumah dan Perjalanan | 4 Minggu |
KELAS III | |
TEMA | WAKTU |
1. Sayangi Hewan dan Tumbuhan di Sekitar | 3 Minggu |
2. Pengalaman yang Mengesankan | 3 Minggu |
3. Mengenal Cuaca dan Musim | 3 Minggu |
4. Ringan Sama Dijinjing Berat Sama Dipikul | 3 Minggu |
5. Mari Kita Bermain dan Berolahraga | 3 Minggu |
6. Indahnya Persahabatan | 3 Minggu |
7. Mari Kita Hemat Energi untuk Masa Depan | 3 Minggu |
8. Berperilaku Baik dalam Kehidupan Sehari-hari | 3 Minggu |
9. Menjaga Kelestarian Lingkungan | 3 Minggu |
KELAS IV | |
TEMA | WAKTU |
1. Indahnya Kebersamaan | 3 Minggu |
2. Selalu Berhemat Energi | 3 Minggu |
3. Peduli terhadap Makhluk Hidup | 3 Minggu |
4. Berbagai Pekerjaan | 3 Minggu |
5. Menghargai Jasa Pahlawan | 3 Minggu |
6. Indahnya Negeriku | 3 Minggu |
7. Cita-citaku | 3 Minggu |
8. Daerah Tempat Tinggalku | 3 Minggu |
9. Makanan Sehat dan Bergizi | 3 Minggu |
KELAS V | |
TEMA | WAKTU |
1. Bermain dengan Benda-benda di sekitar | 7 Minggu |
2. Peristiwa dalam Kehidupan | 7 Minggu |
3. Hidup Rukun | 6 Minggu |
4. Sehat itu Penting | 7 Minggu |
5. Bangga Sebagai Bangsa Indonesia | 6 Minggu |
KELAS VI | |
TEMA | WAKTU |
1. Selamatkan makhluk hidup | 6 Minggu |
2. Persatuan dalam perbedaan | 5 Minggu |
3. Tokoh dan Penemu | 6 Minggu |
4. Globalisasi | 6 Minggu |
5. Wirausaha | 7 Minggu |
6. Kesehatan masyarakat | 8 Minggu |
Daftar tema dan alokasi waktu di atas didapat dari dokumen draf Kurikulum 2013. Pandangan psikologi perkembangan dan Gestalt yang mendasari untuk mengintegrasikan kompetensi dasar yang diorganisasikan dalam pembelajaran tematik. Pengotakan konten kurikulum secara terpisah ketat tidak memberikan keuntungan bagi kemampuan berpikir siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar